-->

Cara Perbaiki RoMON Agent not found di Winbox Mikrotik 100%

ERROR: RoMON Agent not found add it to manage list
Cara menampilkan menu connect To RoMON di winbox mikrotik yang telah hilang? kita akan menjawab pertanyaan itu di bawah ini. Jadi persolan Winbox MikroTik yang bermasalah seperti winbox cannot connect to mikrotik atau mikrotik winbox could not connect to port 20561 timed out adalah hal wajar terjadi pada winbox. Dalam kasus ini kami akan mengulas Mikrotik RoMON  yang error setiap saat masalah itu bisa terjadi pada anda sebenernya, saya katakan demikian karena saya sering mengalami dan sudah memiliki solusinya untuk memperbaiki permasalahan RoMON Agent not found add it to manage list, cirinya bisa anda lihat pada aplikasi WinBox Mikrotik yang ia tidak menampilkan menu connect to RoMON.

RoMON Mikrotik adalah (Router Management Overlay Network) artinya sebuah protocol dari mikrotik os, yang dapat membuat koneksi di layer ke 2 dengan keamanan yang tinggi, cara kerja mikrotik sangat sederhana hanya dengan menggunakan Agent RoMON yang di dalamnya ada User ID dan code Screat, maka romon mikrotik kini sangat mudah mengubungkan antar mikrotik untuk saling terkoneksi. referensi tambahan tentang RoMON Mikrotik dapat anda kunjungi di wiki mikrotik romon.

Penting untuk saya ceritakan permasalahan yang saya alami, di forum mikrotik sebenernya permasalahan ini sudah di bahas hanya saja dalam bahasa inggris, saya memiliki klient mikrotik yang cukup banyak maka dari itu fungsi RoMON Agent saya aktifkan agar memudahkan saya untuk mengakses perangkat-perangkat tersebut dari satu point mikrotik yang terhubung dalam jaringan saya. Saya menggunakan system windows 8.1 untuk mengoperasikan dan menjalankan RoMON agent, namun entah mengapa tiba-tiba winbox error ketika saya terputus dengan jaringan yang mana ip publik saya ganti no ip dan itu ganti dari isp pusat, karena mikrotik saya di sini menggunakan ip publik yang dinamis atau karena kualitas CCQ wireless drop sehingga tak kuat membawa koneksi yang stabil. Awalnya saya terkoneksi bisa mengakses klient Router Board Mikrotik dengan RoMON Agent kemudian winbox close dan button connect To RoMON hilang yang ada hanya button connect.

Anda mungkin akan mengalami hal yang sama jika anda menggunakan WinBox v3.11. Silahkan simak solusi dari saya yang bersifat sementara, karena permasalahan tersebut sulit untuk dihindari,

hanya saja kita sudah mengetahui diantara sebab tampilnya peringatan ERROR: RoMON Agent not found. add it to manage list yaitu karena terganggunya jalur koneksi pada jaringan anda, sehingga jaringan anda tidak stabil dan akses ke router mikrotik klient anda jadi terganggu dan membutuhkan beberapa langkah untuk memunculkan lagi menu button RoMON Agent.

WinBox tidak bisa terhubung lagi

Langkah-langkah Memperbaiki Pesan 'RoMON Agent not found' di Winbox MikroTik

  1. Tutup aplikasi Winbox Mikrotik anda terlebih dahulu
  2. Buka drive c:\
  3. buka folder Users - nama user windows anda - appdata - Roaming - Mikrotik - Winbox
  4. di dalam folder Winbox cari file yang bernama "settings.cfg.viw"
  5. delete file "settings.cfg.viw" 
  6. Selesai, buka winbox mikrotik os anda dan lihat tidak ada lagi error RoMon Agent.  Sampai di sini seharusnya button connect To RoMON tampil kembali di aplikasi winbox v3.11.

Cara Paling Mudah Memperbaiki Winbox Mikrotik Error

  • buka menu run atau tekan pada keybord tombol logo windows + r
RoMON Agent not found
  • cari folder winbox mikrotik dan file konfigurasi romon mikrotik
  • buka folder mikrotik kemudian folder winbox
  • di dalam folder Winbox cari file yang bernama "settings.cfg.viw"
  • delete file "settings.cfg.viw" 
RoMON Agent not found" di Winbox Mikrotik

  • selesai, setelah buka kembali winbox anda dan hasilnya button RoMON winbox akan tampil seperti gambar di bawah ini,
  • jika anda ingin mendownload WinBox v3.11 released download disini
Solvedd RoMON Agent not found add it to manage list

Hanya beberapa permasalahan yang saya alami adalah pelajaran berharga bagi saya, di atas saya katakan mungkin ini hanya solusi sementara karena saya tidak bisa mencegah terjadinya winbox Error: RoMON Agent not Found. add it to manage list. Mungin artikel ini bermanfaat bagi anda, saya masi awam dalam mempelajari mikrotik maka sekian saja dari artikel ini, akan saya sambungkan dengan tulisan saya di lain kesempatan.

Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengatasi pesan 'RoMON Agent not found' di Winbox MikroTik. Jangan ragu untuk menerapkan solusi-solusi yang telah dijelaskan untuk menjaga konsistensi dan performa jaringan Anda tetap optimal. Selamat mencoba!

1 Response to "Cara Perbaiki RoMON Agent not found di Winbox Mikrotik 100%"